E-Commerce berhubungan dengan proses untuk membeli dan menjual barang-barang dan jasa secara elektronis sedangkan E-Business adalah penggunaan dari Internet dan IT untuk melaksanakan semua proses bisnis untuk perusahaan [itu]. E-Business meliputi e-commerce, adalah semua proses yang internal, dan koordinasi dengan mitra bisnis seperti pelanggan dan para penyalur.
E-Commerce Hari Ini
Data Statistik menunjukkan :
- 2007 konsumen menjual $ 180 milyar
- Di AS diatas 160 juta orang-orang adalah online, diatas 50%; diseluruh dunia 1 milyar terhubung
- Rata-rata 70 juta orang online, 140 juta mengirim email, 5 juta tulis pada blogs mereka, 4 milyar musik dan saham
- Sekitar 1 dalam tiap-tiap detik 3 orang Amerika telah membeli sesuatu dengan cara online
- B2B perdangangan lebih dari $ 2 trilyun
- Transformasi Bisnis: Gelombang pertama dan gelombang kedua, e-commerce yang luas, demographic online, dan keterlibatan bisnis-bisnis kecil.
- Perubahan Teknologi : wireless, podcasting, perluasan koneksi, RSS format dari sistem distribusi, menghitung harga jatuh dan networking komponen,
- Model Bisnis Baru : User-generated dalam wujud blog dan jaringan sosial, surat kabar dan media lain yang diadopsi, model interaktif online, seluruh populasi internet bergabung dengan diam-diam suatu kelompok sosial di Internet.
Mengapa Sistem Informasi E-Commerce yang Berbeda karena :
- Sifatnya ada dimana-mana (unbundling dari produk dan info produk)
- Keterjangkauan Dunia
- Standar universal ( pengurangan didalan biaya-biaya masukan dan biaya-biaya pencarian
- Kesempurnaan
- Inter Aktifitas
- Kepadatan informasi ( asimetri informasi ) : diskriminasi harga dan transparansi harga dan biaya
- Personalisasi dan Customisasi
- Ketidaksamaan antara informasi didalam pasar yang digital dengan pasar tradisional
- Biaya-biaya dari perubahan harga ( biaya-biaya utama) di dalam pasar digital dengan pasar tradisional
- Penetapan harga yang dinamis atau diferensial yang menetapkan harga didalam pasar digital melawan pasar tradisional.
- Disintermediasi
- Pure-play bisnis ( klik dan mortal )
Tipe E - Commerce
- Business To Customer ( B2C): penjualan eceran dari produk dan jasa secara langsung bagi pelanggan individu (Amazon.Com, Wal-Mart.Com)
- Business To Business ( B2B) : Penjualan dari barang-barang dan jasa bagi bisnis yang lain ( Grainger. Com, Ariba. Com)
- Consumer To Consumer ( C2C) : Individu yang menggunakan Web untuk penjualan pribadi atau pertukaran . ( eBay.Com)
- M-Commerce : penggunaan handled wireless untuk membeli produk dan jasa dari berbagai lokasi, pelayanan keuangan, advertising reklame, game, dan hiburan.
- Government To Consumer ( G2C) , Government To Business ( G2B) dan Goverment To Goverment ( G2G).
Demikian dan Terima Kasih
Mustika HayatiMahasiswi Magister Management - University Syiah Kuala Banda Aceh
Angkatan LI/ A