Selasa, 18 Januari 2011

E-COMMERCE:MARKETS YANG DIGITAL, BARANG-BARANG DIGITAL

E-Commerce berhubungan dengan proses untuk membeli dan menjual barang-barang dan jasa secara elektronis sedangkan E-Business adalah penggunaan dari Internet dan IT untuk melaksanakan semua proses bisnis untuk perusahaan [itu]. E-Business meliputi e-commerce, adalah semua proses yang internal, dan koordinasi dengan mitra bisnis seperti pelanggan dan para penyalur.
 
E-Commerce Hari Ini
Data Statistik menunjukkan :
  • 2007 konsumen menjual $ 180 milyar
  • Di AS diatas 160 juta orang-orang adalah online, diatas 50%; diseluruh dunia 1 milyar terhubung
  • Rata-rata 70 juta orang online, 140 juta mengirim email, 5 juta tulis pada blogs mereka, 4 milyar musik dan saham
  • Sekitar 1 dalam tiap-tiap detik 3 orang Amerika telah membeli sesuatu dengan cara online
  • B2B perdangangan lebih dari $ 2 trilyun
Pengembangan Baru E-Commerce
  1. Transformasi Bisnis: Gelombang pertama dan gelombang kedua, e-commerce yang luas, demographic online, dan keterlibatan bisnis-bisnis kecil.
  2. Perubahan Teknologi : wireless, podcasting, perluasan koneksi, RSS format dari sistem distribusi, menghitung harga jatuh dan networking komponen, 
  3. Model Bisnis Baru : User-generated dalam wujud blog dan jaringan sosial, surat kabar dan media lain yang diadopsi, model interaktif online, seluruh populasi internet bergabung dengan diam-diam suatu kelompok sosial di Internet.

Mengapa Sistem Informasi E-Commerce yang Berbeda karena :

  1. Sifatnya ada dimana-mana (unbundling dari produk dan info produk)
  2. Keterjangkauan Dunia
  3. Standar universal ( pengurangan didalan biaya-biaya masukan dan biaya-biaya pencarian
  4. Kesempurnaan
  5. Inter Aktifitas
  6. Kepadatan informasi ( asimetri informasi ) : diskriminasi harga dan transparansi harga dan biaya
  7. Personalisasi dan Customisasi
Konsep Utama di (dalam) E-Commerce
  1. Ketidaksamaan antara informasi didalam pasar yang digital dengan pasar tradisional
  2.  Biaya-biaya dari perubahan harga ( biaya-biaya utama) di dalam pasar digital dengan pasar tradisional
  3. Penetapan harga yang dinamis atau diferensial yang menetapkan harga didalam pasar digital melawan pasar tradisional.
  4. Disintermediasi
  5. Pure-play bisnis ( klik dan mortal )

Tipe E - Commerce
  1. Business To Customer ( B2C): penjualan eceran dari produk dan jasa secara langsung bagi pelanggan individu (Amazon.Com, Wal-Mart.Com)
  2. Business To Business ( B2B) : Penjualan dari barang-barang dan jasa bagi bisnis yang lain ( Grainger. Com, Ariba. Com)
  3. Consumer To Consumer ( C2C) : Individu yang menggunakan Web untuk penjualan pribadi atau pertukaran . ( eBay.Com)
  4. M-Commerce : penggunaan handled wireless untuk membeli produk dan jasa dari berbagai lokasi, pelayanan keuangan, advertising reklame, game, dan hiburan.
  5. Government To Consumer ( G2C) , Government To Business ( G2B) dan Goverment To Goverment ( G2G).

Demikian dan Terima Kasih
Mustika HayatiMahasiswi Magister Management - University Syiah Kuala Banda Aceh
Angkatan LI/ A


Tidak ada komentar:

Posting Komentar